Kenali Tanda Bayi Sedang Sakit

kenali tanda bayi sedang sakit

 

Kenali tanda bayi sedang sakit, ketika menghadapi seorang bayi memang gampang – gampang sudah dilakukan. Dibutuhkan ketelitian dan perhatian yang ekstra untuk memahami kemauan sang bayi yang belum bisa berkomunikasi. Namun dibutuhkan juga naluri dari seorang ibu untuk akhirnya bisa mengerti kondisi dari kesehatan sang bayi. Namun jika bayi sedang tidak sehat dan membutuhkan penanganan medis segera, maka ibu harus bergerak dengan cepat untuk bisa mengenali tanda – tanda sang bayi karena tubuh bayi yang sedang tidak sehat tidak selalu ditandai oleh demam.

 

Berikut mengenali tanda bayi sedang sakit

 

Lesu

Bayi berusaha untuk menyampaikan rasa sakit nya dengan cara diam. Bayi yang biasanya ceria berceloteh dan menatap sang ibu dengan semangat, namun sekarang bayi lebih banyak diam terlihat letih dan tidak bergairah.

 

Rewel

Dikarenakan bayi merasakan ada sesuatu yang tidak enak pada tubuh dan kondisi nya, maka sang bayi akan menyeruakan hal itu dengan cara rewel. Bayi akan menangis dan susah untuk di diamkan.

 

Tidak nafsu makan dan minum

Tiba – tiba bayi ibu mogok makan dan minum. Bayi menutup mulut nya dengan rapat – rapat atau malah melepehkan apa yang masuk kedalam mulut sang bayi. hal seperti ini biasanya adalah cara nya untuk memberitahu bahwa ada sesuatu yang sakit di mulut atau lambung bayi sedang tidak enak.

 

Muntah

Jika bayi muntah satu kali maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, bisa jadi muntah nya itu disebabkan oleh masuk angin karena perubahan suhu atau guncangan pada tubuh. Namun jika bayi muntah berulang kali dan mengandung darah atau berwarna hijau, maka saat nya segera untuk menghubungi dokter.

 

Kesulitan bernafas

Ibu bisa melihat tanda bayi kesulitan bernafas dari hembusan nafas nya yang berat. Tanda lain bayi kesulitan bernafas adalah kulit dan bibir bayi berwarna kebiruan.

 

Jika ibu melihat salah satu tanda tersebut terjadi pada sang bayi, sebaik nya tenang kan diri dan jangan panik terlebih dahulu. Ibu perlu memperhatikan dengan baik agar bisa membedakan mana tanda tubuh bayi yang tidak sehat ringan dan tidak sehat berat.

 

 

 


Ice Gel Asi BKA Tahan Berapa Lama

Ice Gel ASI

Ice gel asi BKA tahan Berapa lama, ice gel asi merupakan ice gel pendingin khusus ASI Perah. Sehingga ASI yang sudah ibu perah di kantor akan tetap fresh ketika di bawa pulang. ketika ibu ingin terus memberikan nutrisi yang terbaik untuk bayi nya, sedangkan ibu harus kembali di sibuk kan dengan pekerjaan di luar rumah. Dengan memerah ASI dan menyimpan nya ke dalam botol kaca asi ibu akan tetap bisa memberikan ASI nya ketika harus kembali ke kantor.

Ice Gel ASI

 

Ice gel asi BKA tahan berapa lama

 

ice gel asi BKA memiliki dua ukuran yang dapat ibu gunakan sekaligus, yaitu ice gel asi ukuran sedang dan ice gel asi besar. dengan memiliki dua ukuran pasti ketahanan nya juga berbeda, untuk ketahanan ice gel asi BKA ukuran sedang memiliki ketahanan dingin hingga lebih dari 5 jam. sedangkan untuk ice gel asi BKA besar sudah pasti akan memiliki ketahanan dingin yang lebih lama yaitu lebih dari 10 jam.

 

cara penggunaa ice gel asi

 

1. untuk penggunaan ice gel asi yang pertama kali beku kan ice gel asi ke dalam freeze selama 24 jam agar dapat menghasilkan yang lebih maksimal.

 

2. setelah proses pembekuan ice gel asi sudah merata ke seluruh ice gel asi, maka keluarkan ice gel asi dari freezer dan masukkan ke dalam cooler bag asi yang sudah di siapkan sebelum nya.

 

3. setelah itu tutup dengan rapat cooler bag asi agar tidak ada udara yang keluar masuk.

 

4. setelah selesai menggunakan ice gel asi, masukkan kembali ke dalam freezer untuk penggunaan berikut nya.

 

5. untuk pembekuan selanjut nya ice gel asi cukup di beku kan dalam freezer selama 8 jam, lebih lama lebih baik.

 

 


Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

makanan sehat untuk ibu menyusui

Makanan sehat untuk ibu menyusui, sampai usia bayi dua tahun. Bayi mengalami perkembangan otak yang luar biasa cepat jika dibandingkan dengan perkembangan otak bayi pada periode lain nya. hal seperti ini sebaik nya tidak di abaikan oleh para ibu terutama bagi ibu yang baru memiliki seorang bayi. perkembangan otak bayi yang cepat ini sebaik nya di tangani dengan perlakuan – perlakuan yang tepat untuk mendukung dalam tumbuh kembang bayi.  memiliki bayi yang cerdas merupakan dambaan setiap ibu. makan tidak heran jika banyak ibu yang berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan bayi nya termasuk harus memakan makanan yang tadi nya bukan menu makan favorit.

 

Bicara tentang menu makan ibu menyusui agar bayi nya cerdas, apa saja sih rekomendasi makanan bagi ibu menyusui agar bisa memiliki bayi yang sehat dan pintar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaik nya ibu mendukung pemberian ASI dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi

 

Makanan sehat untuk ibu menyusui

 

Buah blueberry

Buah blueberry ini di kenal memiliki kandungan flavonoids. Flavonoids ini di kenal mampu membantu seseorang dalam meningkatkan daya ingat, kemampuan belajar dan berfikir secara ke seluruh.

 

Kacang – kacangan

Kacang sesungguhnya memiliki kandungan gizi yang di butuhkan oleh ibu menyusui jika ingin menghasilkan ASI terbaik bagi bayi.

 

Buah alpukat

Buah alpukat ini buah yang baik dan tidak kalah jitu nya dalam memberikan nutrisi serta dukungan pada perkembangan otak bayi. selain itu buah alpukat ini juga dikenal memiliki kandungan asam omega 3 yang kaya dan berfungsi dalam melancarkan aliran darah ke otak.

 

Ikan

Daging ikan juga di sarankan sebagai makanan yang baik bagi ibu menyusui maupun bayi yang baru belajar untuk makan, agar mendapatkan manfaat perlindungan dan dukungan perkembangan otak bayi. asam omega 3 yang terkandung di dalam ikan seperti ikan salmon membantu perkembangan otak bayi agar bayi bisa memiliki kemampuan pemecahan masalah, konsentrasi serta meningkatkan daya ingat bayi.

 

Sayuran hijau

Sayuran hijau di kenal sebagai nutrisi yang mampu mempengaruhi ASI sehingga terasa lebih segar dan enak bagi bayi. bagi ibu menyusui, jangan lewatkan sayuran hijau dari daftar menu makanan harian ibu.

 

 


Cooler Bag Asi Ibu Bekerja

cooler bag asi

Cooler bag asi ibu bekerja, karena begitu penting nya ASI bagi sang bayi maka sang ibu akan mengerahkan semua nya agar bayi terus mendapatkan ASI nya bahkan ketika ibu harus kembali dengan rutinitas pekerjaan kantor. Selain itu ASI merupakan hak yang harus di penuhi oleh sang bayi, terutama pada usia bayi 0 – 6 bulan. karena pada usia ini bayi harus mendapatkan ASI sepenuh nya, karena dari ASI bayi akan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh sang bayi.

 

Cooler bag asi BKA untuk ibu bekerja, bagi para ibu yang harus kembali dengan pekerjaan di kantor karena masa cuti nya sudah habis namun bayi masih harus mendapatkan ASI ibu. ibu tidak perlu khawatir karena ibu akan tetap memberikan ASI kepada sang bayi dengan cara memerah ASI dan menyimpan nya dalam botol kaca asi. Dengan menggunakan cooler bag asi BKA ibu bisa membawa ASI hasil perahan ibu tetap fresh dari kantor ke rumah. Karena cooler bag asi BKA memiliki ketahanan dingin hingga lebih dari 12 jam, sehingga sangat cocok digunakan oleh ibu menyusui yang bekerja. Selain itu cooler bag asi BKA juga cocok di gunakan oleh ibu menyusui akan ingin bepergian dengan sang bayi dan ingin membawa ASI Perah nya.

 

Cooler Bag BKA

Selain memiliki ketahanan dingin hingga lebih dari 12 jam, cooler bag asi BKA juga memiliki keunggulan lain yaitu terdapat dua ruang di dalam cooler bag asi yang di pisahkan oleh sekat yang kuat dan tebal. Selain itu sekat nya juga dapat di lepas pasang sehingga ketika sekat nya di lepas, ruang dalam cooler bag asi akan lebih luas dan mampu menyimpan lebih banyak ASI perah di dalam botol kaca asi yang akan di bawa oleh ibu. cooler bag asi BKA ini juga mudah untuk di bersihkan, hanya dengan mengelap cooler bag asi BKA dengan menggunakan lap basah dan dengan sedikit sabun akan membuat cooler bag asi BKA ini mudah untuk di bersihkan. Memiliki desain yang elegan, dengan desain simpel dan elegan membuat cooler bag asi BKA menjadi pilihan para ibu menyusui yang menyukai dengan desain yang simpel dan tetap stylist. Cooler bag asi BKA ini juga nyaman untuk digunakan, dengan tali pegangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan membuat para ibu menyusui yang menggunakan cooler bag asi BKA ini nyaman pada saat membawa ASI perah nya.

 

 

 

 


Cara Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

cara memandikan bayi yang baru lahir

Cara memandikan bayi yang baru lahir, rutinitas memandikan bayi memang sangat menyenangkan. Namun bagi seorang ibu yang baru memiliki bayi untuk pertama kali harus melakukan nya dengan hati – hati, karena mungkin bagi ibu baru akan merasa gugup pada saat memandikan bayi nya. namun ibu tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa tips untuk memandikan bayi baru lahir.

 

Beberapa cara memandikan bayi yang baru lahir

 

Pastikan ibu sudah menyiapkan semua keperluan untuk memandikan sang bayi. Seperti menyiapkan air hangat untuk mandi bayi.

 

Setelah itu periksa terlebih dahulu suhu air hangat tersebut apakah suhu nya sudah pas atau belum. Menggunakan air hangat sangat penting pada saat memandikan sang bayi untuk dapat memberikan rasa nyaman kepada bayi dan juga menjaga suhu air kurang lebih sama dengan suhu bayi, agar bayi tidak merasa kedinginan.

 

Gunakan lah sabun yang aman untuk bayi ibu dan mengandung vitamin E. jangan menggunakan sabun mandi bayi dengan kadar detergent yang cukup tinggi, memandikan bayi dengan busa yang mengandung banyak detergent tidak baik untuk kulit bayi yang masih sensitif.

 

Bersihkan bagian sekitar wajah dan mulut bayi, bersihkan bagian mata bayi dengan kapas yang sudah di basahi.

 

Basuh bagian kepala, wajah, dada, leher, lengan, punggung dan juga tungkai nya. bersihkan bagian lubang hidung dan bagian ter luar dari telinga nya dengan menggunakan kapas yang basah.

 

Gunakan satu tangan ibu untuk menopang bagian leher dan pundak bayi dengan lembut.

 

Ketika sudah selesai, angkat bayi secara perlahan ke dalam dekapan ibu dan keringkan badan bayi dengan menggunakan handuk yang bersih dan kering.

 

 


Makanan Yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI

makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI

Makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI, dengan menyusui, ibu telah memberikan kehidupan terbaik kepada bayi ibu. dengan ibu memberikan ASI eksklusif mampu membantu mencegah penyakit pada bayi ibu, mendukung kemampuan bayi untuk tumbuh, selain itu bagi ibu yang menyusui ada beberapa manfaat yaitu untuk membantu mencegah kanker payudara dan ovarium, untuk merangsang produksi hormon oksitosin yang membantu ikatan antara ibu dan bayi.

 

Berikut makanan yang harus ibu ketahui dalam meningkatkan produksi ASI

 

Bayam

Sayuran hijau merupakan cara tradisional untuk meningkatkan suplai susu. Tidak hanya menyediakan gizi yang cukup namun sayuran juga mampu untuk dicerna, sayuran seperti bayam merupakan sumber mineral dan vitamin serta phytoestrogen yang diyakini untuk meningkatkan laktasi. Bayam memiliki banyak kandungan seperti vitamin B6, protein, asam folat, kalsium dan masih banyak lagi. vitamin B6 dapat membantu dalam menyediakan persediaan produksi ASI ibu. bayam juga merupakan sumber asam folat yang merupakan nutrisi penting untuk ibu menyusui.

 

Bawang putih

Sebuah penelitian telat menunjukan bahwa ketika seorang ibu menggunakan bawang putih dalam memasak dapat meningkatkan jumlah ASI nya untuk bayi. Peningkatan permintaan ASI nya juga akan ikut meningkat. Bawang putih adalah salah satu makanan yang paling mudah untuk di masukkan ke dalam menu makan ibu.

 

Daun katuk

Daun katuk memiliki laktagogum yang ternyata berhubungan dengan peningkatan produksi ASI. selain itu kandungan steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin yang baik untuk kesehatan ibu. ibu bisa mengolah daun katuk dengan tepat agar gizi yang terkandung di dalam nya tidak berkurang. Memasak terlalu matang malah ibu akan kehilangan nutrisi yang terkandung di dalam daun katuk

 

Kacang – kacangan

Kacang – kacangan merupakan sumber protein yang sehat dan di kenal untuk mendukung produksi ASI. Almond dan kacang mete merupakan kacang yang terbaik bagi ibu yang sedang menyusui. Selain itu ibu juga dapat memilih kacang kedelai atau olahan kacang kedelai yang dapat membantu ibu dalam menyediakan produksi ASI.

 

Ubi jalar

Daun ubi jalar mampu meningkatkan produksi ASI, di dalam kandungan ubi jalar terkandung zat – zat laktagogum yang dapat membantu ibu dalam meningkatkan produksi ASI. selain itu juga daun ubi jalar mengandung karotenoid dan zat besi. Bagi ibu yang ingin menggunakan daun ubi jalar disarankan untuk memilih yang tidak mengandung pestisida, karena jika termakan akan mengganggu kesehatan bayi ibu.

 

 

Itulah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui, semoga bisa bermanfaat bagi para ibu – ibu menyusui.

 

 


Manfaat Olahraga Bagi Ibu Menyusui

manfaat olahraga bagi ibu menyusui

Manfaat olahraga bagi ibu menyusui, salah satu keinginan ibu setelah melahirkan adalah mengembalikan berat badan. Karena tidak disarankan untuk membatasi makanan ketika masa menyusui maka salah satu cara untuk menurunkan berat badan yaitu dengan cara berolah raga. Ke khawatiran ibu bahwa olahraga bisa mempengaruhi kualitas, rasa dan komposisi ASI harus bisa di tepis. Karena dengan olahraga ibu justru akan mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan maupun produksi ASI itu sendiri

 

Sebelum ibu melakukan olahraga ada baik nya ibu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa kondisi ibu sudah aman untuk melakukan olahraga. Umumnya bila ibu melahirkan secara normal tanpa ada komplikasi maka ibu bisa melakukan olahraga satu hingga dua minggu setelah melahirkan. Sementara jika ibu melahirkan dengan operasi Caesar, maka biasa nya olahraga akan dilakukan setelah enam minggu. Senam kegel bisa ibu lakukan sebagai salah satu latihan yang bisa ibu lakukan segera setelah masa pemulihan pasca melahirkan adalah latihan penguatan otot panggul.

 

Berikut manfaat yang bisa ibu menyusui dapatkan dari berolah raga

  • Meningkatkan hormon prolaktin yang membantu produksi ASI.
  • Membantu untuk meringankan stres.
  • Membantu untuk meningkatkan energi.
  • Meningkatkan mood ibu serta membuat ibu merasa lebih bahagia.
  • Dengan olahraga bisa membantu menurunkan berat badan.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa di dapatkan dari berolah raga untuk ibu menyusui, semoga bisa bermanfaat.

 

 


Buah Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

buah yang baik untuk ibu menyusui

Buah yang baik untuk ibu menyusui, tidak hanya ibu hamil yang membutuhkan asupan makanan yang sehat dan bergizi untuk tumbuh kembang janin yang di dalam kandungan. Namun ibu menyusui juga sangat membutuhkan asupan makanan sehat dan bergizi agar produksi ASI menjadi lancar dan berkualitas agar tumbuh kembang bayi lebih optimal.

 

Apa saja jenis makanan yang baik bagi ibu menyusui, salah satu nya yaitu buah – buahan. Karena di dalam buah – buahan terdapat banyak kandungan nutrisi yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh bayi dalam mendukung tumbuh kembang bayi. Bagi ibu menyusui mengkonsumsi buah – buahan dapat membantu untuk melancarkan produksi ASI, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama menyusui serta mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan. Untuk itu selalu sediakanlah buah – buahan di meja makan ibu dan makanlah buah – buahan yang baik untuk ibu menyusui agar bayi tumbuh sehat dan pintar. Berikut buah – buahan yang baik di konsumsi oleh ibu menyusui

 

Apel

Buah apel memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan terutama bagi ibu menyusui, di dalam buah apel memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting dan baik untuk tubuh seperti vitamin A, B, C, K, kalium fosfor, omega 3 dan mengandung zat antioksidan. Dengan ibu mengkonsumsi buah apel dengan rutin selama masa menyusui dapat membantu ibu meningkatkan daya tahan tubuh ibu dan bayi.

 

Manga

Dalam buah manga terdapat kandungan nutrisi seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E, K dan mengandung asam folat. Semua kandungan nutrisi dan mineral yang ada di dalam buah manga ini sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem metabolisme tubuh, membantu meningkatkan proses pembentukan dan penyerapan sel darah merah ke seluruh tubuh.

 

Jeruk

Buah jeruk sudah sangat terkenal akan kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi, vitamin C ini dapat berperan sebagai antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh serta mencegah perkembangan penyakit yang dapat menyerang ibu dan bayi. Selain itu dalam buah jeruk juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, kalsium, magnesium, asam folat, zat besi dan masih banyak nutrisi lain nya lagi.

 

Alpukat

Buah alpukat sangat cocok untuk diberikan kepada ibu menyusui dalam memenuhi kebutuhan harian nya, karena buah alpukat merupakan jenis buah yang mengandung sumber energi. Dalam buah alpukat juga memiliki kandungan asam lemak sehat yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi.

 

Buah naga

Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti vitamin C, B1, B2, B3, B12, zat besi, kalsium dan zat antioksidan. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan gula darah serta membantu meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi.

 

 


Mengatasi Batuk Pada Ibu Menyusui

atasi batuk pada ibu menyusui

Mengatasi batuk pada ibu menyusui, bagi ibu menyusui harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat agar tidak mudah sakit. Terutama sakit flu dan batuk. Sakit flu dan batuk sangat mengganggu kesehatan tubuh. Bukan hanya mengganggu, penyakit flu dan batuk ini juga sangat mudah untuk menular. Jika virus flu dan batuk ini dapat dengan cepat menular kepada orang dewasa, bagaimana jika dengan ibu menyusui tentu nya ini akan sangat mudah untuk menular kepada bayi? Agar bayi ibu tidak tertular tentu nya ibu harus minum obat.

 

Bagi ibu menyusui lebih disarankan untuk menggunakan pengobatan tradisional dengan menggunakan bahan – bahan yang alami, bagi ibu menyusui berikut beberapa obat batuk dan flu alami yang aman dan baik bagi ibu.

 

Minuman hangat

Untuk mengurangi flu dan batuk namun bisa tetap mempertahankan produksi ASI dan kesehatan sang bayi. Cobalah ibu untuk minum air hangat, minuman hangat dapat membuat tubuh lebih hangat dan fresh saat terkena flu dan batuk. Sekedar minum teh hangat, jahe hangat dan susu hangat baik bagi ibu menyusui.

 

Vitamin C

Berikanlah tubuh ibu suplemen dan nutrisi dari makanan atau minuman yang banyak mengandung vitamin C. perbanyak lah untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup selama ibu dalam proses menyusui, karena hal ini bisa membantu ibu untuk tetap fit dan segera pulih kembali dari flu atau pun batuk. Namun harus ibu ingat, jangan terlalu banyak untuk mengkonsumsi buah – buahan atau makanan yang mengandung vitamin C. meskipun vitamin C baik, namun jika di konsumsi berlebihan hal ini bisa tidak baik bagi kesehatan dan pencernaan bayi ibu.

 

Madu

Sejak dulu madu di kenal ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit, selain itu juga sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan. Ketika ibu menyusui dan terkena flu atau batuk, usahakan ibu untuk mengkonsumsi madu setiap pagi.

 

 


Faktor Yang Mempengaruhi Produksi ASI Pada Ibu Menyusui

tips mempengaruhi produksi ASI

Faktor yang mempengaruhi produksi ASI pada ibu menyusui, ASI mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh sang bayi. Sehingga ASI merupakan salah satu kunci penting agar sang bayi bisa tetap sehat dan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Namun ada juga beberapa bayi yang tidak bisa mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan dikarenakan beberapa penyebab, salah satu nya penyebabnya adalah karena ASI ibu sudah tidak keluar lagi sebelum enam bulan.

 

Berbagai faktor dapat berpengaruh terhadap produksi ASI yang di hasilkan ibu, oleh karena itu sangat penting bagi ibu mengetahui tips untuk mempertahankan produksi ASI ibu tetap banyak selama mungkin. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan produksi ASI

 

Sering untuk menyusui bayi

Semakin sering ibu menyusui sang bayi, maka semakin banyak pula hormon prolaktin yang dihasilkan. Selain itu akan semakin banyak juga ASI yang diproduksi.

Sediakanlah waktu untuk menyusui selama 20 – 30 menit setiap 2 atau 3 jam setiap hari nya. seiring dengan bertambahnya usia bayi, frekuensi bayi menyusu akan berkurang. Jangan lupa untuk tidak menunda untuk menyusui ketika bayi sudah mulai lapar.

 

Suasana nyaman saat menyusui

Ketika ibu ingin menyusui bayi ibu, buatlah suasana yang nyaman dan rileks bagi ibu. carilah tempat untuk menyusui yang nyaman, jangan lupa sediakan minum yang cukup, dengarkan musik atau bisa juga sambil nonton televisi dan jauhkan diri ibu dari gangguan seperti telepon genggam karena dapat mengganggu pada saat proses menyusui.

 

Kebahagiaan ibu

Kondisi psikologis ibu juga berperan dalam produksi ASI, pada saat ibu mengalami stres secara psikologi akan menghasilkan hormon stres yang dapat membuat produksi ASI menjadi berkurang.

 

Pijat payudara

Pada saat menyusui ibu bisa untuk memijat payudara ibu secara perlahan untuk membantu proses pengeluaran ASI. Pijat payudara mulai dari sisi luar kearah bagian dalam payudara. Namun harus berhati – hati agar saat memijat tidak hingga ke puting payudara, karena hal itu bisa mengganggu bayi pada saat menyusu.