Faktor Yang Mempengaruhi Produksi ASI Pada Ibu Menyusui

tips mempengaruhi produksi ASI

Faktor yang mempengaruhi produksi ASI pada ibu menyusui, ASI mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh sang bayi. Sehingga ASI merupakan salah satu kunci penting agar sang bayi bisa tetap sehat dan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Namun ada juga beberapa bayi yang tidak bisa mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan dikarenakan beberapa penyebab, salah satu nya penyebabnya adalah karena ASI ibu sudah tidak keluar lagi sebelum enam bulan.

 

Berbagai faktor dapat berpengaruh terhadap produksi ASI yang di hasilkan ibu, oleh karena itu sangat penting bagi ibu mengetahui tips untuk mempertahankan produksi ASI ibu tetap banyak selama mungkin. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan produksi ASI

 

Sering untuk menyusui bayi

Semakin sering ibu menyusui sang bayi, maka semakin banyak pula hormon prolaktin yang dihasilkan. Selain itu akan semakin banyak juga ASI yang diproduksi.

Sediakanlah waktu untuk menyusui selama 20 – 30 menit setiap 2 atau 3 jam setiap hari nya. seiring dengan bertambahnya usia bayi, frekuensi bayi menyusu akan berkurang. Jangan lupa untuk tidak menunda untuk menyusui ketika bayi sudah mulai lapar.

 

Suasana nyaman saat menyusui

Ketika ibu ingin menyusui bayi ibu, buatlah suasana yang nyaman dan rileks bagi ibu. carilah tempat untuk menyusui yang nyaman, jangan lupa sediakan minum yang cukup, dengarkan musik atau bisa juga sambil nonton televisi dan jauhkan diri ibu dari gangguan seperti telepon genggam karena dapat mengganggu pada saat proses menyusui.

 

Kebahagiaan ibu

Kondisi psikologis ibu juga berperan dalam produksi ASI, pada saat ibu mengalami stres secara psikologi akan menghasilkan hormon stres yang dapat membuat produksi ASI menjadi berkurang.

 

Pijat payudara

Pada saat menyusui ibu bisa untuk memijat payudara ibu secara perlahan untuk membantu proses pengeluaran ASI. Pijat payudara mulai dari sisi luar kearah bagian dalam payudara. Namun harus berhati – hati agar saat memijat tidak hingga ke puting payudara, karena hal itu bisa mengganggu bayi pada saat menyusu.

 

 


Manfaat Daun Sirsak Bagi Ibu Menyusui

manfaat daun sirsak bagi ibu menyusui

Manfaat buah sirsak bagi ibu menyusui, daun sirsak memiliki berbagai manfaat bagi kita. Salah satu nya yaitu manfaat bagi ibu menyusui, bahkan sebelum ibu melahirkan bayi nya. karena daun sirsak memiliki fungsi yang mirip dengan daun katuk yaitu menstimulant produksi ASI ketika ibu dalam masa kehamilan sehingga pada saat bayi lahir sang bayi bisa langsung mendapatkan colostrum atau ASI yang keluar untuk pertama kalinya dari payudara ibu yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memiliki pengaruh dalam membantu perkembangan organ tubuh termasuk otak bayi. Berikut beberapa khasiat lain atau manfaat daun sirsak untuk ibu menyusui.

 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat daun sirsak untuk ibu menyusui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga ibu tidak akan mudah sakit. Selain itu juga antioksidan yang terkandung di dalam daun sirsak yang di konsumsi oleh sang ibu akan di terima oleh bayi melalui ASI yang diminum nya. sehingga tubuh bayi juga akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat.

 

Dapat meningkatkan energi

Setelah melahirkan, energi tubuh ibu akan terkuras dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa pulih kembali jika tidak dibarengi dengan asupan gizi yang cukup. Meminum ramuan herbal alami daun sirsak bisa dijadikan alternatif sebagai pemulihan energi tubuh ibu setelah melahirkan, karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun sirsak cukup untuk mengembalikan energi tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.

 

Antidepresi

Bagi beberapa ibu aktivitas menyusui merupakan aktivitas yang kurang menyenangkan yang dapat menimbulkan depresi. Manfaat daun sirsak untuk ibu menyusui dapat mencegah munculnya depresi bagi sang ibu.

 

Agar dapat memperoleh manfaat daun sirsak untuk ibu menyusui, sediakan 10 lembar daun sirsak Bersama dengan 600 ml air atau setara dengan 3 gelas air. Setelah itu di rebus hingga mendidih, biarkan air rebusan daun sirsak tersebut hingga tersisa sekitar 300 ml atau setara dengan 1,5 gelas. Saring terus dingin kan kemudian minum sehari 2 kali. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi air rebusan daun sirsak ini karena dapat mengganggu pencernaan ibu.

 

 


Tips Aman Membawa Bayi Dalam Perjalanan Jauh

agar bayi tidak rewel selama perjalanan jauh

 

Tips aman membawa bayi dalam perjalanan jauh, dari beberapa orang tua yang baru tidak pernah berpikiran untuk menempatkan bayi di kursi nya selama perjalanan. bepergian dengan bayi membutuhkan pertimbangan khusus, ibu mungkin akan berpikiran apakah bayi ibu terlalu muda untuk melakukan perjalanan atau mungkin juga tidak. Mungkin anda akan merasa grogi ketika melakukan perjalanan dengan bayi, namun kenyataan nya penumpang kecil ini merupakan teman perjalanan yang menyenangkan. Lalu bagaimana melakukan perjalanan yang aman ketika membawa bayi, berikut beberapa tips untuk aman membawa bayi dalam perjalanan jauh

 

Pikirkan waktu perjalanan dan jarak nya

Rencanakan tujuan perjalanan yang realistis yang dapat ditempuh secepat mungkin. Ibu harus memikirkan berapa lama bayi mampu bertahan agar tidak rewel pada saat duduk di kursi nya. lakukan lah perjalanan di malam hari saat bayi berapa pada jadwal tidur nya, rencana perjalanan yang seperti ini akan membuat perjalanan ibu menjadi menyenangkan. Lakukanlah pemberhentian untuk mengganti popok bayi sebelum bayi rewel dan merasa resah. Bagi ibu waktu istirahat ini bisa digunakan untuk ke kamar mandi atau untuk mengisi bahan bakar.

 

Jangan membiarkan bayi untuk tidur sepanjang hari

Untuk memastikan bayi ingin bermain di saat ibu butuh tidur atau istirahat, jaga waktu tidur sang bayi dan jangan biarkan bayi untuk tidur lebih lama dari biasa nya. rencanakan untuk berhenti segera setelah bayi bangun untuk memberikan nya udara segar.

 

Waktu menyusui

Bayi yang tertidur dan kondisi yang tidak biasa dapat membuat jadwal menyusui ibu bisa berantakan. Usahakan untuk tetap komitmen pada jadwal menyusui jika semua nya memungkinkan. Mungkin akan sangat menggoda ketika bayi ibu menangis di perjalanan sementara tempat istirahat masih jauh, sebaiknya ibu berhenti sebentar untuk menyusui dan mengganti popok yang basah sebelum ibu melanjutkan perjalanan.

 

Sering – sering untuk berhenti

Jika bayi ibu sedang dalam tidur yang nyenyak jangan diganggu. Jika bayi terbangun siap untuk keluar dari kursi nya, sebaiknya ibu berhenti sebelum bayi menjadi menangis keras. Usahakan waktu istirahat ibu menjadi berguna dari pada hanya untuk mengganti popok saja, namun carilah tempat parkir atau area bermain terdekat dimana sang bayi bisa merangkak sepuas nya.

 

Beristirahat dengan benar

Perjalanan yang berjam – jam dengan usaha membuat bayi bahagia bisa melelahkan ayah dan ibu. lalu bagaimana ibu untuk menghindari energi yang mulai hilang? Usahakan perjalanan itu seperti ibu sedang bertamasya.

 

 


Manfaat Memerah ASI Secara Manual

manfaat memerah asi dengan manual

 

Manfaat memerah ASI secara manual, Memerah ASI merupakan salah satu cara agar ibu bisa menyusui bayi nya ketika ibu harus kembali bekerja atau memiliki banyak aktifitas di luar rumah. Cara ini bisa membantu ibu dalam proses pemberian ASI eksklusif dan akan di teruskan hingga usia bayi dua tahun, ASI merupakan makanan utama untuk bayi dan merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh sang bayi. Pada saat ini memerah ASI dapat dilakukan dengan menggunakan alat pompa ASI. namun memerah ASI dengan menggunakan tangan menjadi hal paling alami yang bisa dilakukan oleh sang ibu. berikut beberapa manfaat dari memerah ASI dengan tangan

 

Teknik memerah ASI dengan menggunakan tangan sangat mudah untuk dilakukan, selain itu ibu bisa melakukan proses ini dimana saja dan kapan saja tanpa membutuhkan perlengkapan yang rumit.

 

Cara memerah ASI dengan tangan akan membuat kesehatan bayi ibu lebih terjamin karena bayi ibu bisa menerima ASI kapan pun sesuai dengan kebutuhan. Cara ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi secara alami

 

Cara ini tidak membutuhkan peralatan yang mahal dan hanya membutuhkan waktu untuk bisa melakukan nya secara rutin.

 

Cara ini juga tidak membutuhkan energi yang berlebihan seperti alat listrik atau jenis perlengkapan yang membutuhkan listrik.

 

Bisa mengurangi rasa tidak nyaman pada payudara akibat penggunaan alat pompa ASI.

 

Kebiasaan ini bisa membuat hasil susu menjadi lebih banyak dan produksi ASI akan terus meningkat, cara ini bisa menguntungkan dan bisa meningkatkan peluang menyusui secara eksklusif bagi ibu yang bekerja atau memiliki banyak fasilitas di luar rumah.

 

Memerah ASI secara teratur juga bisa membantu untuk meningkatkan produksi ASI. Pijatan saat memerah ASI dengan tangan dapat membantu kelenjar susu bisa bekerja lebih baik bahkan proses ini akan sangat menguntungkan bayi jika disusui secara langsung.

 

 


Perlengkapan Mudik Bagi Ibu Menyusui

Perlengkapan mudik bagi ibu menyusui, Ketika Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi akan tiba pasti dari kebanyakan orang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan tidak terkecuali juga bagi ibu menyusui. Bagi ibu yang masih dalam proses menyusui untuk melakukan perjalanan mudik ibu perlu membutuhkan beberapa perlengkapan khusus agar rencana perjalanan mudik ibu tetap berjalanan lancar dan bayi ibu pun tetap mendapatkan asupan ASI secara maksimal. Berikut beberapa perlengkapan mudik ibu menyusui yang perlu disiapkan

 

Apron

Apron ini sangat penting untuk ibu butuhkan ketika ibu harus menyusui bayi ibu dalam berbagai situasi apapun. Apron dapat membantu ibu untuk menutupi payudara ibu ketika bayi ibu asik menyusu dan ibu pun bisa lebih nyaman untuk menyusui bayi ibu.

apron

 

Baju menyusui

Pilihlah baju yang agak longgar dengan bahan yang sedikit lentur namun yang terpenting baju nya nyaman dan dapat memudahkan ibu untuk menyusui bayi ibu.

 

Bra khusus untuk ibu menyusui

Jika ibu menggunakan bra khusus untuk ibu menyusui, ibu tidak perlu membuka seluruh bra ketika ibu akan menyusui sang bayi ibu

 

Hand sanitizer

Untuk menjaga kebersihan tangan ibu selama perjalanan mudik, ibu bisa menggunakan hand sanitizer. Karena menjaga kebersihan tangan ketika akan menyusui bayi sangat penting.

 

Breast pad

Breast pad juga merupakan perlengkapan yang penting untuk ibu bawa dalam perjalanan mudik. Breast pad ini berguna untuk menahan ASI ibu agar tidak merembes dan membasahi baju jika kedua payudara ibu penuh dengan ASI.

 

Semoga list perlengkapan di atas bisa bermanfaat bagi para ibu menyusui yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman nya untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluar besar.

 

 


Mitos dan Fakta Tentang Merawat Bayi

mitos dan fakta tentang merawat bayi

 

Mitos dan fakta tentang merawat bayi, setiap orang tua pasti memiliki cara untuk merawat bayi mereka masing – masing. Sayang nya tidak sedikit orang tua yang percaya tentang mitos merawat bayi sehingga justru membuat bayi menurun kesehatan nya. berikut beberapa mitos dan fakta tentang merawat bayi.

 

Mitos: membedong bayi dapat memperkuat kaki atau membuat struktur kaki ayi menjadi lurus

Fakta: membedong dengan kekuatan kaki atau struktur kaki bayi tidak ada hubungan nya. justru bayi akan bisa lebih mudah bergerak untuk melatih kaki dan tangan nya. biarkan kaki dan tangan nya untuk bergerak bebas jika bedong dilakukan dengan longgar.

 

Mitos: menggunakan gurita pada bayi dapat mencegah perut bayi kembung.

Fakta: organ dalam tubuh bayi bisa kekurangan oksigen karena pemakaian gurita.

 

Mitos: penggunaan baby walker dapat membuat bayi bisa cepat berjalan.

Fakta: anak yang didudukan di baby walker hanya akan belajar duduk dan bergerak kemana saja dengan menggunakan bantuan roda, sementara tubuh bayi tidak akan belajar tegak.

 

Mitos: tidak boleh memotong kuku bayi sebelum usia bayi 40 hari

Fakta: kuku bayi yang dibiarkan untuk panjang – panjang dalam waktu yang lama dapat beresiko melukai wajah maupun bagian tubuh lain nya. kuku yang panjang juga dapat menjadi tempat untuk bersarang nya kuman penyakit.

Mitos tersebut muncul hanya karena kekhawatiran dari seorang ibu melukai kuku bayi pada saat memotong kuku nya. tidak perlu menunggu 40 hari untuk memotong kuku bayi, namun lakukan lah dengan hati – hati agar tidak melukai bayi.

 

Mitos: hidung bayi bisa mancung dengan cara sering – sering ditarik.

Fakta: mancung atau tidak nya hidung bayi dipengaruhi oleh faktor genetik

 

 


Merasa Rileks dan Tenang Saat Menyusui Dapat Memperlancar ASI

rasa rileks dan tenang saat menyusui dapat memperlancar ASI

Merasa rileks dan tenang saat menyusui dapat memperlancar ASI, merasa rileks dan tenang saat menyusui menjadi hal yang tidak mudah dilakukan bagi para ibu menyusui yang pertama kali memiliki seorang bayi. Karena rasa canggung dan tidak nyaman pada saat menyusui dapat membuat para ibu baru tidak merasa rileks dan tenang saat menyusui, padahal jika ibu merasa rileks dan tenang pada saat menyusui dapat memperlancar ASI.

 

Memiliki bayi untuk pertama kali nya tentu akan membuat ibu harus banyak melakukan penyesuaian, termasuk pada saat menyusui bayi. Karena belum terbiasa nya ibu yang baru memiliki bayi untuk menyusui serta rasa canggung dan rasa tidak nyaman saat menyusui, dapat membuat para ibu baru kurang bisa merasa rileks dan tenang saat menyusui. Sementara bagi ibu yang telah memiliki bayi sebelum nya, adanya ketakutan akan digigit oleh sang bayi pada saat sedang menyusui bisa membuat ibu tidak bisa merasa rileks dan tenang saat menyusui. Berikut pengaruh dari rasa rileks dan tenang pada saat menyusui sehingga produksi ASI bisa semakin lancar.

 

Perasaan rileks dan tenang pada saat menyusui dapat membuat otak secara otomatis mengirimkan sinyal pada tubuh untuk memproduksi oksitosin lebih banyak. Produksi oksitosin yang banyak inilah yang dapat memperlancar produksi ASI, sehingga ibu akan merasa rileks dan nyaman pada saat menyusui. Sehingga produksi ASI pun akan menjadi lebih lancar.

 

Selain itu rasa rileks dan tenang pada saat menyusui juga membuat bayi lebih mudah serta lebih tenang untuk menyusu. Pada saat bayi lebih mudah untuk menyusu bayi akan cenderung menyusu lebih banyak. Padahal semakin banyak ASI yang di susu oleh bayi, makan semakin lancar juga produksi ASI yang akan dihasilkan.

 

Itulah manfaat dari rasa rileks dan tenang pada saat menyusui yang dapat memperlancar produksi ASI. untuk itu ibu harus selalu rileks dan tenang pada saat menyusui agar produksi ASI menjadi lancar.

 


Pentingnya Dukungan Ayah Terhadap Pemberian ASI Eksklusif

dukungan suami untuk asi eksklusif

Pentingnya dukungan ayah terhadap pemberian ASI eksklusif, dukungan suami terhadap sang istri bahwa istri bisa atau mampu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya merupakan salah satu kunci keberhasilan ibu dalam menyusui. Kondisi fisik dan mental ibu yang Lelah pasca persalinan sangat membutuhkan perhatian dan kasih sangat dari suami. Ibu yang merasa diperhatikan, didukung dan dicintai akan memiliki emosi positif yang bisa meningkatkan produksi hormon oksitosin sehingga produksi ASI menjadi lebih lancar.

 

Sebenarnya peran seorang ayah sudah dimulai sejak masa kehamilan hingga pasca persalinan. Ayah dapat mendukung keberhasilan ibu menyusui melalui beragam bentuk dukungan seperti ayah terlibat dalam berbagai aktivitas bayi di malam hari seperti menemani ibu bangun untuk menyusui, mengganti popok bayi, memijat pundak istri untuk membantu melancarkan produksi ASI, membantu menyediakan waktu istirahat yang cukup untuk istri, dan yang terpenting bisa memberikan perhatian penuh pada istri agar emosi istri selalu terjaga.

 

Setiap istri akan merasa bahagia pada saat melihat suaminya berinisiatif untuk memijat punggungnya yang pegal setelah seharian menyusui. Mau untuk menggendong – gendong bayi nya agar sang ibu bisa tidur sebentar. Hal yang sederhana yang tidak memerlukan banyak tenaga atau biaya akan membuat hormon oksitosin bekerja dan ASI bisa mengalir dengan deras.

 


Cara Merawat Payudara Saat Menyusui

merawat payudara saat menyusui

Cara merawat payudara saat menyusui, merawat payudara ibu ketika masih dalam proses menyusui bayi memang perlu mendapatkan perhatian khusus. Payudara yang sehat dan terawat dengan baik mampu untuk membantu melancarkan ASI. sehingga proses pemberian ASI akan menjadi lebih mudah dan aman bagi ibu dan bayi.

 

Puting susu adalah salah satu bagian dari payudara yang sangat penting dalam proses menyusui. Ibu yang sedang menyusui harus rajin dalam merawat payudara agar selalu bersih sehingga bayi akan merasa nyaman ketika menyusu di payudara ibu. berbagai perawatan bisa dilakukan oleh para ibu menyusui agar lebih optimal dalam pemberian ASI kepada bayi nya. tidak sulit untuk merawat payudara bagi ibu yang masih menyusui bayi nya. berikut untuk beberapa cara merawat payudara bagi ibu menyusui.

 

Pilihlah bra yang dapat menyerap keringet, pilihlah bra khusus bagi ibu menyusui agar ibu bisa lebih mudah untuk memberikan ASI

 

Bersihkan puting ibu dengan menggunakan air hangat setiap ibu selesai mandi. Jangan sampai puting terkena sabun mandi karena hal itu dapat membuat nya kering sehingga lapisan puting bisa terkelupas dan dapat menimbulkan rasa nyeri ketika ibu sedang menyusui.

 

Pijatlah puting dan daerah sekitarnya dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Pada saat pemijatan lebih baik ibu menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun agar kulit mati pada puting dapat terkelupas dan selalu menjaga nya agar tetap lembab.

 

Jika puting ibu mengalami luka lecet atau nyeri akibat cara bayi yang menghisap ASI salah, cobalah untuk mengganti posisi dengan menyusui bayi dari puting satu nya yang tidak merasa sakit. Sebaiknya bayi diberi ASI ibu sebelum bayi merasa sangat lapar, sehingga bayi ibu tidak menghisap terlalu kuat.

 

Ambil beberapa tetes ASI kemudian oleskan disekitar puting setelah ibu selesai menyusui (memiliki efek menyusui), setelah itu biarkan hingga kering sebelum ditutup dengan bra.

 


Manfaat Buah Apel Bagi Bayi

manfaat apel bagi bayi

Manfaat buah apel bagi bayi, ketika bayi sudah melewati masa ASI eksklusif atau bayi hanya minum dan makan ASI saja tidak ada tambahan lain apapun. Tiba pada saat nya waktu untuk masa MPASI, ibu sudah tahu tentang makanan pendamping ASI apa saja yang bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi. Setelah bayi sudah memasuki usia enam bulan, bayi sudah bisa mengkonsumsi makanan bayi dalam bentuk padat karena sistem pencernaan nya sudah cukup siap. Agar bayi bisa selalu mendapat manfaat dari makanan yang di konsumsi, pilihlah sayuran atau buah yang memiliki kandungan penting untuk tubuh bayi. Salah satu buah yang cocok untuk bayi konsumsi adalah apel, buah yang satu ini sangat cocok di jadikan sebagai makanan bayi karena memiliki berbagai manfaat seperti berikut:

 

Mengurangi sakit perut

Jika bayi sering mengalami konstipasi alias susah buang air besar. Ibu bisa menjadikan apel sebagai makanan bayi, karena kandungan serat dalam apel sangat baik dalam meringankan kerja usus dan dapat melancarkan pencernaan. Pilihlah apel yang rasa nya manis dan pastikan juga daging buah nya dalam keadaan segar serta tidak memiliki memar pada bagian kulitnya.

Kupas dan rebus apel hingga melunak kemudian hancurkan agar bayi bisa lebih mudah menikmati makanan nya. meskipun buah apel ini tidak memiliki kandungan berbahaya namun tidak salah nya jika ibu berkonsultasi dengan dokter sebelum ibu memberikan makanan apel kepada bayi.

 

Meredakan batuk

Batuk memang tidak terlalu membahayakan, namun jika bayi yang mengalami penyakit ini akan mengalami kesulitan untuk beristirahat di malam hari sehingga kesehatan bayi bisa terganggu. Untuk meredakan batuk, ibu bisa merebus buah apel yang manis dan mengambil sari nya untuk diberikan kepada bayi ibu. selain itu juga ibu bisa mengolah apel dengan cara lain sesuai dengan kreativitas ibu, untuk mendapatkan hasil lebih optimal gunakan apel organik yang jauh lebih sehat karena bebas pestisida

 

Mengobati disentri

Disentri merupakan penyakit yang lebih sering ditemui pada bayi dibanding orang dewasa. Penyakit disentri ini disebabkan oleh infeksi usus besar yang membuat feses menjadi sangat encer dan berlendir. Untuk membantu mengobati disentri, ibu bisa memilih buah apel yang manis dan matang kemudian di kukus hingga lunak. Berikan apel yang di kukus ini kepada bayi beberapa kali dalam sehari. Penggunaan apel sebagai makanan bayi yang dapat mengobati disentri telah dianjurkan oleh American medical association, namun ibu harus pastikan bahwa bayi tetap mendapatkan perawatan medis saat terkena penyakit semacam ini.